Menuju Humas yang Andal dan Kredibel

Penguasaan informasi dan isu menjadi penting agar proses transfer informasi berjalan baik. Tidak hanya untuk mentransfer informasi ke publik tetapi juga transfer informasi kepada kalangan internal sebuah institusi. Agar hal ini bisa tercapai dibutuhkan sebuah strategi yang mampu memetakan kebutuhan komunikasi dan informasi buat publik dan tentunya dilaksanakan oleh tenaga-tenaga andal yang mampu mengeksekusinya dengan baik, tepat sasaran, dan sesuai dengan target yang diharapkan.

Menjadi humas yang andal dan kredibel, mungkin itu kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang ingin dilakukan Biro Humas dan Tata Usaha Pimpinan Kementerian PPN/Bappenas (selanjutnya di tulis Humas Bappenas) dalam menjalankan perannya sebagai speaker lembaga atau institusi yang menaunginya. Strategi yang diterapkan Humas Bappenas dapat dibilang cukup komprehensif dan selangkah lebih maju karena tidak melupakan komunikasi/sosialisasi di kalangan internal-nya sendiri. Bermitra dengan Bamboedoea Communications, Humas Bappenas ingin mewujudkan misinya sebagai corong informasi perencanaan pembangunan.

Seperti yang kita ketahui, saat ini masih banyak lembaga atau institusi—dalam strategi PR-nya—hanya memfokuskan program dan kegiatan untuk publik saja dan melupakan komunikasi atau sosialisasi dikalangan internal yang sebenarnya juga penting. Humas Bappenas meramu kedua pendekatan ini—PR untuk publik dan PR untuk internal—dalam strategi komunikasinya.

Ramuan strategi ini dapat dilihat dari berbagai program-program Kehumasan yang sudah dan akan dijalankan Humas Bappenas dalam setahun ini. Program yang digulirkan merupakan formulasi yang sinergis, artinya program atau kegiatan apa pun yang diarahkan untuk publik dan stakeholders Bappenas, informasi tentang kegiatan atau program tersebut juga akan dikomunikasikan juga buat kalangan internal Bappenas sendiri.

Misalnya kegiatan Bappenas Summary yang mengulas berbagai kegiatan dan agenda penting yang terjadi seharian di Kementerian PPN/Bappenas disajikan layaknya pemberitaan di koran atau majalah lengkap dengan foto dan berita hard news. Selain disebarkan ke semua unit kerja, Bappenas Summary juga ditaruh di tempat-tempat strategis yang ada di Bappenas sehingga semua pegawai bisa mengetahui apa saja kegiatan—termasuk substansinya—yang terjadi di Bappenas dalam satu hari tersebut. Bappenas Summary ini juga dilengkapi dengan kolom-kolom berisi highlight pemberitaan media massa terkait Bappenas dan agenda atau jadwal kegiatan lengkap dengan waktu dan tempatnya dalam satu hari tersebut.

Walau cukup sederhana, Bappenas Summary cukup efektif dan selalu dinanti oleh pegawai Bappenas tiap harinya. Karena selain sebagai media informasi, ulasan di dalamnya menambah wawasan dan pengetahuan tentang hal-hal terbaru terkait perencanaan pembangunan nasional, perkembangan berbagai kebijakan ekonomi, politk, dan sosial budaya, serta topik yang hangat di media massa. Bappenas Summary ini juga di-publish di website Bappenas agar publik juga mengetahui aktivitas dan informasi apa saja yang terjadi dan ada di Bappenas.

Senada dengan Bappenas Summary, analisis dan monitoring pemberitaan juga menjadi medium yang tepat untuk kalangan internal Bappenas mengetahui isu utama pemberitaan tentang Bappenas dan sudut pandang media dan pengamat dalam menuliskan berita dan mengomentari Bappenas. Untuk tataran internal, terutama untuk para pengambil keputusan yang ada di Bappenas, informasi ini penting sebagai salah satu referensi dalam ‘menghadapi’ dan memberikan informasi kepada para jurnalis. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah, analisis pemberitaan berguna bagi Humas Bappenas dalam merancang program-program media relations-nya sesuai dengan kebutuhan media massa. Analisis pemberitaan sangat membantu perancangan dan eksekusi program media relations yang tepat, efektif, dan sesuai dengan target yang tuju.

Sementara itu, lewat monitoring akan tergambar berbagai proporsi pemberitaan terkait media massa tentang Bappenas. Mulai dari proporsi tone/nada pemberitaan (positif-netral-negatif), jumlah media massa yang paling banyak menulis, nara sumber internal yang paling banyak memberi komentar, hingga nama jurnalis yang paling banyak menulis berita tentang Bappenas. Lewat data dan analisis ini, akan memudahkan Humas merancang berbagai program kehumasan termasuk merancang isi pesan atau informasi yang akan didiseminasikan.

Program komunikasi/sosialisasi internal ini, oleh Humas Bappenas diimbangi dengan berbagai program kehumasan khususnya untuk media massa dan publik dalam mengkomunikasikan produk-produk perencanaan Bappenas. Berbagai program media relations digelar secara rutin dan berkala agar media massa terus mendapat asupan informasi baik yang bersifat informatif/data dan sebagainya maupun informasi tentang kaitan peran Bappenas dalam berbagai kebijakan yang bersifat nasional dan internasional. Humas Bappenas-pun merancang berbagai program-program kehumasan untuk langsung ‘menyapa’ publik lewat serangkaian kegiatan tatap muka, diskusi, seminar, konsultasi publik dan kegiatan lainnya bersifat dua arah.

Leave a comment



Kirim Pesan

Kirim masukan dan kritik anda

Alamat Kantor

Jl.Cakrawijaya II ,
Blok J Nomor 10,
Kavling Diskum Jakarta Timur

Kontak Kami

Telepon 021-859012743/44

Faximile 021-8560408

Alamat Email

bamboedoea@bamboedoea.com

www.bamboedoea.com