Kementerian PU Diseminasikan Informasi Melalui Talk Show

Suasana persiapan talkshow PU

Setengah jam sebelum masuk studio, wajah Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum Budi Yuwono, terlihat gelisah. Raut mukanya menampakkan ketegangan. Apalagi setelah mendapat informasi Menteri Perumahan Rakyat, Soeharso Monoarfa yang sedianya menjadi narasumber utama, mendadak batal datang. Situasi menjadi tidak karuan. Budi Yuwono, yang selama ini terkenal sebagai pejabat yang ramah, langsung termenung, dan bertanya-tanya ada apa ini?

Sepuluh menit kemudian, Budi Yuwono yang juga narasumber program talk show  Public Corner Metro TV bertajuk “Urbanisasi berkelanjutan: Tanggung Jawab Siapa?”diminta masuk ke studio karena acara akan dimulai. Singkat cerita, usai talk show wajah Budi tampak sumringah. Perasaannya lega karena berhasil melewati talk show dengan baik. Pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan presenter, dijawab dengan lugas dan artikulatif. “Tidak memalukan kan penampilan saya, “ ujarnya bangga.

Itulah sekelumit persiapan program talk show “Public Corner” Metro TV dengan  narasumber dari Kementerian PU. Sebelumnya, pada program yang sama juga pernah tampil Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak, Direktur Jalan dan Jembatan Wilayah Barat, Hediyanto W. Husaini, dan Direktur Penataan Ruang Wilayah II Sri Apriatini Soekardi. Herman Dardak terlihat lebih percaya diri dan santai sebelum talk show berlangsung. Sementara Sri Apriatini, dengan tekun membaca beberapa catatan ringkas yang sengaja dibuatnya sebelum memasuki studio. Hasilnya, saat talk show berlangsung, Sri Apriatini tampak sangat menguasai persoalan pengarusutamaan gender yang menjadi tema talk show. Dengan komunikatif, dia dapat menjawab setiap pertanyaan yang diajukan presenter dengan baik.

Talk Show Kementerian Pekerjaan Umum juga berlangsung di TVRI setiap pukul enam pagi. Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum Agoes Widjanarko terpaksa harus datang sebelum pukul enam pagi untuk mengisi acara talk show tersebut. Sementara, Dirjen Bina Marga, Joko Muryanto terpaksa harus menunggu sekitar setengah jam saat rekaman pengambilan gambar program talk show karena terganggu  masalah teknis di studio yang tidak bekerja dengan baik. Beruntung, pada menit-menit terakhir, masalah kerusakan teknis dapat diatasi. Rekaman pun langsung dimulai.  Pejabat Kementerian Umum lainnya yang pernah menjadi narasumber talk show di TVRI adalah : Direktur Irigasi Ditjen SDA, Imam Agus Nugroho serta  Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Investasi, Setia Budhy Algamar.

Begitulah. Sejak program Intagrated Communications Kementerian Pekerjaan umum bergulir, kesibukan awak Pusat Komunikasi Publik (Puskom-PU) Kementerian Pekerjaan Umum semakin bertambah. Bermitra kerja dengan Bamboedoea Communications, mereka intensif melakukan program sosialisasi dan komunikasi seputar berbagai hal tentang pekerjaan umum yang tengah menjadi wacana publik. Dari beragam aktivitas komunikasi yang digelar, program talk show di stasiun teve merupakan kegiatan yang menuntut perhatian yang lebih besar. Semua itu, tentu saja semata-mata agar hasil dan manfaat program talk show bisa berdampak lebih maksimal bagi masyarakat.

Leave a comment



Kirim Pesan

Kirim masukan dan kritik anda

Alamat Kantor

Jl.Cakrawijaya II ,
Blok J Nomor 10,
Kavling Diskum Jakarta Timur

Kontak Kami

Telepon 021-859012743/44

Faximile 021-8560408

Alamat Email

bamboedoea@bamboedoea.com

www.bamboedoea.com