Bimtek Informasi Pemilukada : Kuncinya Penguatan Kapasitas

Direktur Bamboedoea Heri Rakhmadi memberikan paparan strategi sosialisasi pemilukada

Penguatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) Komisi Pemilihan Umum (KPU) di daerah-daerah menjadi salah satu kunci keberhasilan sosialisasi penyelenggaraan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) di seluruh Indonesia. Salah satu biang rendahnya tingkat partisipasi masyarakat dan juga sering terjadinya kerusuhan dalam beberapa penyelenggaraan Pemilukada di tanah air adalah minimnya sosialisasi dan pelibatan masyarakat.

Salah satu strategi agar KPU di daerah bisa meranang program kehumasan yang efektif, efisien, tepat sasaran, dan melibatkan sebanyak mungkin stakeholders adalah memberikan kapasitas tentang strategi dan perencanaan sosialisasi pemilukada. “Salah satu cara agar sosialisasi berjalan efektif dan efisien di tengah keterbatasan dana sosialisasi adalah dengan penguatan kapasitas para personil KPU di daerah-daerah,” papar Direktur Bamboedoea Communications Heri Rakhmadi saat menjadi pembicara utama pada Bimbingan Teknis (Bimtek) Informasi Pemilukada yang berlangsung di Cianjur, Jawa Barat (25/04).

Memang, masalah keorganisasian di KPU daerah menjadi salah satu permasalahan serius, terutama keorganisasian kehumasan. Sebagai tulang punggung sosialisasi pilkada di daerah struktur organisasi Humas sangat terbatas baik jumlah, peran, maupun anggaran. Pertanyaan kunci sebelum memilih teknik dan taktik kehumasan pemilukada adalah, berapa anggaran yang tersedia, kondisi Infrastruktur  komunikasi yang tersedia, dan kualitas serta kuantitas SDM,” ujar Heri di depan anggota divisi sosialisasi KPU dari seluruh Indonesia.

Menurut Heri, jika kapasitas SDM kehumasan KPU di daerah sudah baik, maka keterbatasan dana bisa disiasati dengan program-program kehumasan yang kreatif dan efisien tetapi punya dampak yang cukup signifikan. Pengalaman serupa pernah dilakukan Heri Rakhmadi saat menjadi Team Leader Media Center KPU 1999, 2004, dan 2009. “Dengan dana yang terbatas bisa dirancang program kehumasan yang massif dengan melibatkan sebanyak mungkin stakeholders sehingga mempunya dampak yang luas dan signifikan. Intinya kreatifitas dan mau bekerja keras,” jelasnya. Salah satu cara untuk penguatan kapasitas divisi sosialisasi KPU adalah dengan sesering mungkin mengadakan workshop capacity building terkait strategi kehumasan dan kegiatan proses transfer pengetahuan kehumasan lainnya seperti pendampingan, dan lainnya.

Leave a comment



Kirim Pesan

Kirim masukan dan kritik anda

Alamat Kantor

Jl.Cakrawijaya II ,
Blok J Nomor 10,
Kavling Diskum Jakarta Timur

Kontak Kami

Telepon 021-859012743/44

Faximile 021-8560408

Alamat Email

bamboedoea@bamboedoea.com

www.bamboedoea.com