Pemilukada Sumbar: Deklarasi Pemilukada Badunsanak Berlangsung Meriah

Para Calon Kepala Daerah Sumbar mengucapkan komitmen untuk melaksanakan pemilukada secara damai

Ada pemandangan yang tidak biasa—sebuah kemeriahan—di Halaman Kantor Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), pada Senin (10/5) lalu. Ratusan orang dengan wajah antusias, berkumpul menyaksikan sebuah perhelatan besar dan penting bagi Provinsi Sumatera Barat. Sebuah perhelatan untuk mengikat komitmen para calon kepala daerah yang akan berkompetisi pada  Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Sumbar.

Memang, pada 30 Juni 2010, Sumbar akan menggelar hajatan besar yaitu penyelenggaran 14 pemilukada serentak yang meliputi pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Sumbar, Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Padang Pariaman, Agam, Pasaman, Pasaman Barat, Limapuluh Kota, Tanah Datar, Sijunjung, Dharmasraya, Pesisir Selatan, Solok, Solok Selatan dan pemilihan Wali Kota/Wakil Wali Kota Bukittinggi serta Kota Solok.

Kemeriahan acara deklarasi damai yang bertajuk “Pemilu Badunsanak, Damai dan Berkualitas”  ini sudah mulai kelihatan ketika  para penari mulai beraksi menyambut kedatangan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Ketua KPU A.Hafiz Anshary, dan Ketua KPU Sumbar Marzul Veri, serta ketua KPU Kalimantan Timur dan KPU Jawa Timur. Tari Pasambahan ini disambut dengan sorak-sorai masyarakat yang menyaksakan acara.

Suasana semakin meriah dengan kehadiran para calon kepala daerah yang mengenakan busana seragam yaitu pakaian khas Sumbar. Dengan semangat kekeluargaan para calon kepala daerah mengucapkan ikrar untuk melaksanakan pemilukada badunsanak yang diikuti dengan penandatanganan komitmen.

Usai penandatangan deklarasi, Mendagri didampingi Ketua KPU dan Ketua KPU Sumbar memukul bedug dan melepaskan balon merah putih sebagai harapan pemilukada di Sumbar akan berlangsung damai dan berkualitas. Kemeriahan dan antusias masyarakat semakin bertambah saat  diaraknya calon bupati dan walikota dari 13 daerah dengan dengan kereta wisata dan lima pasangan calon gubenur/calon wakil gubernur dengan kereta kuda keliling Kota Padang. Sepanjang jalan, para calon menyapa dan melambaikan tangan kepada masyarakat yang menyaksikan pawai dari pinggir jalan.

Acara Deklarasi Pemilu Badunsanak ini mendapat liputan luas media. Karena, sebelumnya (6/5), Ketua KPU Sumbar  Marzul Veri mengabarkan kegiatan ini kepada media massa saat konferensi pers persiapan Pemilukada Sumbar di Media Center KPU, Jakarta. Acara konferensi pers ini sendiri, dikoordinir oleh Bamboedoea.

Leave a comment



Kirim Pesan

Kirim masukan dan kritik anda

Alamat Kantor

Jl.Cakrawijaya II ,
Blok J Nomor 10,
Kavling Diskum Jakarta Timur

Kontak Kami

Telepon 021-859012743/44

Faximile 021-8560408

Alamat Email

bamboedoea@bamboedoea.com

www.bamboedoea.com