Training UU KIP Kementerian PU Media Center

Inti dari penerapan Undang-Undang No.14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) adalah Badan Publik mempunyai sistem pelayanan informasi dan dokumentasi data yang mumpuni sehingga bisa memberikan informasi kepada pencari informasi dan publik secara cepat, tepat, biaya ringan, dan dengan cara sederhana (tidak berbelit-belit).

“Transparansi dan keterbukaan informasi membutuhkan sistem pengelolaan dan pelayanan informasi,” ujar Direktur Bamboedoea Communications Heri Rakhmadi saat menjadi pembicara pada Training UU KIP yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Konstruksi dan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) serta Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian PU, di Bandung, Juni 2010 lalu.

Kewajiban yang diamanatkan UU KIP antara lain transparan dan terbuka untuk memberikan informasi; menyediakan dan memberikan pelayanan informasi yang akurat, cepat, mudah diakses, dan proporsional; serta mengembangkan sistem informasi dan dokumentasi sehingga dapat diakses publik dengan mudah, membutuhkan sebuah konsep yang komprehensif dan terintegrasi.

Salah satu konsep pelayanan informasi yang sudah teruji mampu memberikan pelayanan informasi yang cepat dan tepat adalah Media Center. Jika ditilik dari namanya bukan berarti konsep ini adalah khusus pelayanan informasi buat media, tetapi sebuah konsep integratif yang di dalamnya terdapat program-program pelayanan dan penyebarluasan informasi.

“Media Center terdiri dari empat program yaitu Pusat Pers dan Informasi Publik, Media Relations, Media Monitoring dan Analisis, dan Manajemen Data,” ungkap Heri.

Selain itu, yang tidak kalah penting di era keterbukaan pers dan publik saat ini adalah perlu ada sebuah model pelayanan khusus buat media massa. “Saat ini media massa mempunyai kemampuan diseminasi informasi yang luas, mempunyai pengaruh besar dalam membangun persepsi, citra dan reputasi lembaga, dan bisa menjadi partner dalam edukasi publik tentang tugas pokok dan fungsi institusi/lembaga.

Kirim Pesan

Kirim masukan dan kritik anda

Alamat Kantor

Jl.Cakrawijaya II ,
Blok J Nomor 10,
Kavling Diskum Jakarta Timur

Kontak Kami

Telepon 021-859012743/44

Faximile 021-8560408

Alamat Email

bamboedoea@bamboedoea.com

www.bamboedoea.com