Mengkomunikasikan Setahun Kinerja Bappenas: Berkomunikasi dari Daerah

Suasana siaran langsung Economic Challenges Metro TV dengan tema 'Perekonomian Nasional dan Daya Saing Bangsa' (29/11)

Oktober 2010 kemarin, tepat setahun usia Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II. Semua jajaran pemerintahan mulai dari presiden hingga para menteri memaparkan pekerjaan beserta hasil yang telah dicapai selama setahun berkiprah. Tidak terkecuali Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas).

Sebagai Kementerian strategis,  semua perumusan kebijakan akan terimplementasi dengan baik jika di dukung penuh oleh segenap stakeholders bangsa. Dukungan ini bisa tercapai jika seluruh stakeholders paham pesan-pesan terkait prioritas pembangunan. Menyadari perannya yang strategis ini, Biro Humas dan Tata Usaha Pimpinan Kementerian PPN/Bappenas menggunakan konsep komunikasi dan sosialisasi terpadu untuk mengabarkan kinerja Kementeriannya. Lewat program besar ‘Sosialisasi Produk Perencanaan Kementerian PPN/Bappenas’, Biro Humas Kementerian PPN/Bappenas menggunakan berbagai saluran komunikasi agar kinerja dan rencana kerja ke depan Kementerian ini bisa sampai dan dipahami semua lapisan masyarakat.

Setelah melalui serangkaian proses tender dan uji kelayakan, akhirnya Bamboedoea dipilih untuk membantu Bappenas mengeksekusi program Sosialisasi Produk Perencanaan Kementerian PPN/Bappenas. Memang, untuk menjalankan program komunikasi dan sosialisasi terpadu diperlukan perusahaan konsultan komunikasi yang telah berpengalam menjalankan progam sejenis. Sebelumnya Bamboedoea telah menangani program sosialisasi terpadu Pemilu 2004, Pilkada Aceh 2006, Pemilu 2009, Kemendiknas 2005-2006, Kemenkumham 2007-2008, Kementerian PU 2010 dan instansi lainnya.

Sesuai konsep terpadu yang diusung, maka saluran komunikasi yang digunakan adalah paduan antara sosialisasi lewat media massa dan sosialisasi langsung (tatap muka) ke publik. Dengan kemampuan persuasi atau mempengaruhi yang begitu tinggi dalam menggalang opini publik, sosialisasi lewat media massa sangat efektif dan efisien. Program sosialisasi lewat media yang digunakan antara lain pembuatan dan penayangan advertorial di media nasional dan lokal, talkshow TV dan Radio, dan penyangan running text. Salah satu talkshow yang cukup mendapat perhatian publik adalah Economic Challenges Metro TV. Program yang ditayangkan langsung ini menghadirkan Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida S. Alisjahbana, Ketua Kadin Suryo B. Sulisto, Ketua Komite Inovasi Nasional Prof. Dr. Zuhal, dan Anggota DPR Harry A. Azis. Tema yang dibahas juga cukup menarik “Perekonomian Nasional dan Daya Saing Bangsa”.

Seminar di Empat Kota

Program ini merupakan sosialisasi langsung berbagai produk perencanaan Kementerian PPN/Bappenas kepada masyarakat. Pemilihan tema dan narasumber yang tepat menjadi salah satu kunci disambutnya gelaran seminar ini. Selain dirancang menjadi ‘layak media’, pemilihan tema juga didasarkan pada ‘karateristik’ kota tempat seminar berlangsung.

Jakarta. Seminar yang berlangsung di Balai Kartini (3/11) ini mengambil tema “Ketahanan Energi dan Perubahan Iklim” dibuka langsung oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida S. Alisjahbana. Kegiatan yang diliput 28 jurnalis dan dipandu pengamat ekonomi Aviliani dengan pembicara Prof. Dr. Emil Salim (Tokoh Lingkungan Hidup), Dr. Sugiharto, SE, MA (Komisaris Utama Pertamina/Mantan Menteri BUMN), dan Prof. Dr. Widjajono Partowidagdo (Guru Besar ITB) disambut antusias sekitar 120 peserta. Hal yang sama juga terlihat pada saat konferensi pers seusai seminar.

Bandung.“Pembangunan Infrastruktur dan Sinergi Pusat – Daerah” menjadi tema yang dibahas pada seminar di Bandung (11/11). Peserta seminar yang didominasi kalangan perguruan tinggi ini cukup membludak. Bahkan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan tidak sekedar memberi sambutan tetapi juga mengikuti sesi pemaparan oleh narasumber. Sebanyak 150 orang peserta antusias mendengarkan pemaparan dari Ir. Sumaryanto Widayatin, MSc (Deputi Bidang Infrastruktur dan Logistik Kementerian  BUMN), Dipl.Ing. Bambang Soeroso (Komisi Infrastruktur DPD RI), dan Prof. Dr. Rizal Zainuddin Tamin (Guru Besar ITB).

Padang. Ternyata tema “Penanganan Pembangunan Pascabencana” sangat menarik bagi masyarakat Kota Padang. Jumlah peserta seminar yang berlangsung di Hotel Pangeran Beach (24/11) ini sebanyak 192 orang. Memang sebagai daerah yang sedang dalam proses ‘pembangunan kembali’ tema ini dirasa sangat penting diketahui masyarakat Padang. Peserta seminar  terdiri dari perguruan tinggi, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), LSM/Ormas cukup merata jumlahnya.

Dengan menghadirkan Dr. Ir. Max H. Pohan, CES, MA (Deputi Menteri PPN/Kepala Bappenas Bidang Pengembangan Regional dan Otda) dan Prof. Dr. Damsar (Guru Besar dan Sosiolog Universitas Andalas) penanganan pascabencana diteropong dari berbagai sisi termasuk kearifan lokal. ‘Rasa lokal’ inilah yang cukup menarik perhatian para peserta termasuk Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno yang ikut memberikan sambutan kunci. Dalam seminar yang dipandu oleh Sawir Pribadi (Redaktur Pelaksana Harian Singgalang—media lokal terbesar di Padang) sebanyak 50 wartawan lokal dan kontributor media nasional meliput kegiatan ini.

Makassar. Kota yang dikenal sebagai daerah yang mempunyai sumber daya kelautan  melimpah ini dipilih menjadi tempat seminar bertema “Pengembangan Potensi Kelautan dan Maritim”. Sekitar 120 orang peserta memanfaatkan forum ini untuk berdiskusi dengan Ir. Bemby Uripto, MSc (Staf Ahli Menteri PPN Bidang Tata Ruang dan Kemaritiman), Dr. Arif Satria (Dekan Fakultas Ekologi Manusia IPB), dan Prof. Dr. Jamaluddin Jompa (Guru Besar Fak. Ilmu Kelautan dan Perikanan UNHAS) tentang pengembangan potensi kelautan yang ada di Sulawesi Selatan dan Indonesia. Seminar ini sendiri di pandu oleh M.Yusuf AR (Wapemred Harian Fajar Makassar).

“Antusias masyarakat dalam kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap kinerja Bappenas dan  menghasilkan pemahaman dan opini publik yang baik terhadap produk perencanaan Bappenas,” ujar Kepala Biro Humas dan TU Pimpinan Bappenas Maruhum Batubara.

Kirim Pesan

Kirim masukan dan kritik anda

Alamat Kantor

Jl.Cakrawijaya II ,
Blok J Nomor 10,
Kavling Diskum Jakarta Timur

Kontak Kami

Telepon 021-859012743/44

Faximile 021-8560408

Alamat Email

bamboedoea@bamboedoea.com

www.bamboedoea.com