BPJT Maksimalkan Peran Humasnya

Bamboedoea Communications dan Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) menggelar workshop kehumasan di Jakarta, Rabu (7/12). Acara yang diselenggarakan di Hotel Aston Rasuna, Jakarta Selatan, itu bertujuan untuk mencari solusi atas minimnya pemberitaan mengenai BPJT di media serta membangun citra positif BPJT di mata publik dan stakeholder.

Berdasarkan analisis situasi yang dilakukan Bamboedoea, eksistensi BPJT memang kurang dikenal oleh masyarakat luas di Indonesia karena kurangnya promosi yang dilakukan lembaga tersebut.

Sebagai regulator yang mengelola jalan tol, nama BPJT hanya mencuat saat terjadi kenaikan tarif tol. Ini tentu saja menjadi pekerjaan berat Humas BPJT untuk memunculkan eksistensi mereka di masyarakat. Humas harus melakukan fungsinya dengan mulai membangun pemahaman dan dukungan media serta publik terhadap peran dan fungsi lembaga tersebut.

Dari analisis media yang dilakukan Bamboedoea, pemberitaan BPJT di media selama ini hanya bersifat framing media, bukan berita yang diciptakan BPJT. Untuk itu harus diciptakan mekanisme khusus dengan memunculkan tema sentral yang dilahirkan BPJT. Dengan begitu informasi akan lebih masif dan tema sentral bisa keluar dengan jelas.

Dalam melaksanakan peran kehumasannya, beberapa strategi komunikasi harus dilakukan BPJT, termasuk penguatan kapasitas dan komunikasi internal .Beberapa kegiatan yang dapat dilaksanakan BPJT di antaranya menggelar workshop strategi kehumasan, melakukan capacity building, menerbitkan newsletter bulanan, mengelola website, merancang even kebersamaan.

Kegiatan lainnya adalah optimalisasi media relations dan layanan informasi. Di sini BPJT bisa melakukan beberapa langkah seperti menciptakan unit layanan informasi dan data, meningkatkan frekuensi pemberitaan, membangun hubungan dengan media, dan standardisasi smart media relations.

Selain itu, perlu juga dibuat aturan (SOP) tentang siapa saja pejabat yang berhak berbicara ke media massa. Harus ditunjuk tokoh atau pejabat kompeten yang menguasai semua isu mengenai BPJT agar bisa dikutip oleh media.

Melalui beberapa langkah tersebut, BPJT akan dikenal secara luas karena fungsi humasnya sudah berjalan maksimal.

Leave a comment



Kirim Pesan

Kirim masukan dan kritik anda

Alamat Kantor

Jl.Cakrawijaya II ,
Blok J Nomor 10,
Kavling Diskum Jakarta Timur

Kontak Kami

Telepon 021-859012743/44

Faximile 021-8560408

Alamat Email

bamboedoea@bamboedoea.com

www.bamboedoea.com