Wajah Baru Kabar Bappenas

Dengan wajah dan konsep baru, Kabar Bappenas bukan sekedar menjadi perekam berbagai peristiwa atau kegiatan yang terjadi di Kementerian PPN/Bappenas, tetapi juga menjadi referensi sumber informasi terkait perencanaan pembangunan.

Salah satu medium untuk mengintensifkan komunikasi—terutama internal—adalah penerbitan media publikasi yang biasanya berbentuk majalah. Salah satu fungsi dari adanya media internal dalam sebuah lembaga adalah untuk meningkatkan kualitas komunikasi antarpersonil, sebagai wahana penyampaian informasi dan pesan baik untuk kalangan internal maupun eksternal (stakeholders lembaga/institusi yang bersangkutan), dan wadah penyebaran dan pertukaran informasi dalam suatu lembaga atau institusi. Fungsi inilah yang saat ini dijalankan oleh Media Internal Kabar Bappenas yang diterbitkan setiap tiga bulan sekali oleh Biro Humas dan TU Pimpinan Kementerian PPN/Bappenas.

Agar kualitas komunikasi lewat media internal ini semakin meningkat, Humas Bappenas sepanjang 2011 ini menghadirkan ‘wajah baru’ Kabar Bappenas. Selain baru dari sisi perwajahan, Kabar Bappenas tampil beda dari edisi-edisi sebelumnya. Dari sisi konten, tema yang diangkat akan lebih menarik. Sedangkan dari sisi penulisan akan disajikan tulisan yang lebih manarik dan humanis tetapi tetap informatif dengan tetap memenuhi kaidah-kaidah jurnalistik.

Pada edisi pertama (April – Mei 2011), diangkat tema terkait diskursus tentang revitalisasi peran dan fungsi Bappenas  dan tentang perkembangan terbaru dari Program Kerja Sama Pemerintah Swasta (KPS) yang ramai diperbincangkan saat itu. Edisi kedua (Juni-Juli) atau bertepatan dengan selesainya Musrenbangnas, Kabar Bappenas mengambil tema Implementasi RKP 2012 yang menyajikan berbagai inisiatif baru program pemerintah tahun 2012. Sementara edisi tiga (Agustus – September) yang bertepatan dengan peringatan kemerdekaan Indonesia ke 66, tema yang dipilih adalah perjalanan pembangunan Indonesia selama 66 tahun. Sedangkan edisi terakhir (November – Desember) diambil tema mengenai program diseminasi produk perencanaan Bappenas ke empat kota.

Leave a comment



Kirim Pesan

Kirim masukan dan kritik anda

Alamat Kantor

Jl.Cakrawijaya II ,
Blok J Nomor 10,
Kavling Diskum Jakarta Timur

Kontak Kami

Telepon 021-859012743/44

Faximile 021-8560408

Alamat Email

bamboedoea@bamboedoea.com

www.bamboedoea.com