KNH 2019

Kearifan Lokal Inspirasi Komunikasi Global Indonesia

Perhelatan Konvensi Nasional Humas (KNH) 2019 Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) di Yogyakarta pada 16-17 Desember 2019 tidak hanya berlangsung sukses, tetapi juga menghasilkan rekomendasi dan aksi penting bagi kemajuan dunia PR Indonesia di era globalisasi yang saat ini ditopang oleh kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Lebih dari itu KNH ke 20 yang mengusung tema Humas 2020: Kearifan Lokal, Solusi Global didedikasikan untuk merumuskan strategi membantu pemerintah menyosialisaikan keunggulan Indonesia ke hadapan dunia.

Ketua Umum BPP Perhumas, Agung Laksamana mengatakan konvensi tahun ini akan mendorong kearifan lokal sebagai solusi masalah komunikasi global. Komunikasi sangat terkait dengan budaya. Karena itu, masalah komunikasi harus dicarikan solusinya pada kearifan lokal.

“Pemilihan kota Yogyakarta dalam KNH 2019 ini adalah tepat dan istimewa. Dengan mengangkat tema PR2020: Local Wisdom, Global Solutions, Yogya yang kaya akan kearifan budaya ini akan memberikan perspektif bagi para praktisi humas agar tetap memiliki dan mencari perspektif lokal budaya masing-masing yang bisa diaplikasikan sebagai solusi kreatif dalam menghadapi era globalisasi dan disrupsi saat ini,” kata Agung

Sementara itu, Wakil Ketua BPP Perhumas Heri Rakhmadi yang juga CEO Bamboedoea Komunikasi mengatakan, kearifan lokal bukan hanya inspirasi tetapi menjadi solusi komunikasi bagi humas Indonesia dan bagi bangsa Indonesia untuk berkomunikasi di era globalisasi yang ditandai dengan derasnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

“Kearifan lokal itu kekuatan kita. Nilai-nilai kearifan lokal bukan penghambat kemajuan pada era global dan revolusi industri 4.0, tetapi justru menjadi pendorong. Jika kita konsisten terus menggali kearifan lokal bangsa yang luar biasa ini, maka kearifan lokal bisa menjadi kekuatan transformasi yang luar biasa dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia kehumasan yang kompetetif dan komperatif,” pungkas Hari Rakhmadi.

KNH 2019 ini juga menghasilkan berbagai rekomendasi strategis terutama untuk mencetak Sumber Daya Manusia yang kompeten dan terampil di era digital society 5.0, sejalan dengan Visi Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan “SDM Unggul, Indonesia Maju”. Perhumas meyakini peran SDM humas dalam mensosialisasikan keunggulan yang dimiliki Indonesia kepada dunia sangat vital untuk membantu pemerintah mencapai target Pemerintah.

Rekomendasi itu yakni, pertama, SDM humas harus beradaptasi dengan perubahan di era digital society 5.0. Kedua, pemerintah diminta untuk lebih memperhatikan keragaman kearifan lokal atau local wisdom untuk menjadi bagian dari penciptaan SDM Unggul, Indonesia Maju. Ketiga, mengintegrasikan kearifan lokal dengan kemajuan teknologi digital. Keempat, membangun kekuatan local brand secara solid di tengah serangan merk global. Kelima, kolaborasi antarsektor untuk saling mendukung kemajuan SDM Indonesia.

Selain Gubernur DI Yogykarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, KNH 2019 diisi banyak pembicara antara lain: Johnny G. Plate, Menteri Kominfo; Prof. Dr. Widodo Muktiyo, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo; H. E. Djauhari Oratmangun, Dubes RI untuk Tiongkok dan Mongolia; Irjen. Pol. Muhammad Iqbal, Kadiv. Humas POLRI; Dr. Agus Sudibyo, Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga Dewan Pers; Devy Suradji, Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I; Dr. Muhammad Sulhan, Ketua Umum ASPIKOM; Arif Mujahidin, Corporate Communication Director Danone Indonesia; Prof. Panut Mulyono, Rektor Universitas Gadjah Mada; Nezar Patria, Pemimpin Redaksi The Jakarta Post; Andrew F. Saputro, Director Corporate Affairs Frisian Flag; Arif Prabowo, VP Corporate Communication TELKOM; Nila Marita, Chief Corporate Affairs Go-Jek; Radityo Prabowo, CEO DJE Holdings Indonesia; Rohan Hafas, Senior Vice President Bank Mandiri; Dr. N. Nurlaela Arief, Director Communication and Alumni Relations SBM ITB; Didiet Maulana, Creative Director IKAT Indonesia; Wenseslaus Manggut, Ketua Umum Asosiasi Media Siber; Karnandha Kurniardhi, Head of Internal Relations Astra International

Leave a comment



Kirim Pesan

Kirim masukan dan kritik anda

Alamat Kantor

Jl.Cakrawijaya II ,
Blok J Nomor 10,
Kavling Diskum Jakarta Timur

Kontak Kami

Telepon 021-859012743/44

Faximile 021-8560408

Alamat Email

bamboedoea@bamboedoea.com

www.bamboedoea.com