Bamboedoea Menang Tender Prestisius “Media and Community Engagement Pemindahan Ibu Kota Baru”

Bamboedoea Komunikasi berhasil memenangkantender“Media and Community Engagement Pemindahan Ibu Kota Baru”. Namun, adanya pandemi Covid-19, membuat program tersebut tidak tereksekusi karena adanya pengalihan anggaran. 

Bamboedoea Komunikasi kembali berhasil memenangkan tender komunikasi publik proyek strategis nasional. Kali ini program pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke wilayah di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Boleh dibilang, pemindahan ibu kota negara ini merupakan program yang cukup prestisius lantaran diinisiasi langsung oleh Presiden Joko Widodo. 

Saat konferensi pers di Istana Merdeka, Senin (26/8/2019), Presiden Jokowi menuturkan sejumlah alasan khusus mengapa ibu kota harus dipindahkan. Salah satunya karena beban Jakarta yang sudah terlalu berat sebagai pusat pemerintahan, pusat bisnis, pusat keuangan, pusat perdagangan, dan pusat jasa. Alasan lain, beban Pulau Jawa yang semakin berat dengan penduduk 150 juta atau 54 persen dari total jumlah penduduk Indonesia. “Dan 58 persen PDB ekonomi Indonesia itu ada di Pulau Jawa, dan Pulau Jawa sebagai sumber ketahanan pangan,” kata Kepala Negara yang didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla dan sejumlah menteri.


Desain Ibu Kota Baru. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)

Guna mendukung program pemindahan ibu kota negara, awal tahun 2020 Kementerian PPN/Bappenas mengadakan lelang bertajuk “Media and Community Engagement dalam Pemindahan Ibu Kota Negara” dengan pagu anggaran Rp9,9 miliar. Selama proses berlangsung sekitar 65 konsultan kehumasan ikut mendaftar dalam lelang sekaligus bersaing memenangkan tender. Beberapa konsultan kehumasan ternama seperti PT Royston Advisory Indonesia, PT Mediatana Cipta Citra, termasuk konsultan kehumasan yang ikut bersaing.


Desain Ibu Kota Baru. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)

Sebelum proses lelang berlanjut, penitia mengulang lelang karena ada kekeliruan pada saat upload dokumen persyaratan teknis administratif. Dalam lelang ulang ini, tiga konsultan kehumasan: Bamboedoea Komunikasi, Royston Advisory Indonesia dan G-Indonesia Sukses Mulia, dinyatakan lolos persyaratan administratif dan proposal teknis. Setelah tahapan pembuktian dan presentasi proposal teknis, panitia mengumumkan dua konsultan kehumasan yang lolos tahapan akhir yaitu Bamboedoea Komunikasi dan Royston Advisory Indonesia. Penentuan pemenang kemudian ditentukan melalui metode lelang harga terbuka atau reverse aution. Akhirnya, setelah melalui penawaran harga terbuka yang sangat kompetitif, Bamboedoea Komunikasi tampil sebagai pemenang tender “Media and Community Engagement dalam Pemindahan Ibu Kota Negara”.

Namun, beragam kegiatan komunikasi publik yang telah disusun dalam program “Media and Community Engagement dalam Pemindahan Ibu Kota Negara” tidak sempat berjalan karena sebelum penandatanganan kontrak, terjadi wabah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia. Saat itu, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, Kementerian PPN/Bappenas mengalihkan berbagai kegiatannya untuk penanganan pandemi Covid-19.

Leave a comment



Kirim Pesan

Kirim masukan dan kritik anda

Alamat Kantor

Jl.Cakrawijaya II ,
Blok J Nomor 10,
Kavling Diskum Jakarta Timur

Kontak Kami

Telepon 021-859012743/44

Faximile 021-8560408

Alamat Email

bamboedoea@bamboedoea.com

www.bamboedoea.com