Mengedukasi Publik Melalui Produksi Video Tutorial

Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) termasuk salah satu program pemerintah yang berhasil. Program yang dimulai sejak tahun 2008 ini, sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Untuk mereplikasi program tersebut agar dapat diterapkan di daerah lain, maka diproduksi video tutorial praktik-praktik terbaik Pamsimas.

Program nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat atau yang lebih dikenal dengan istilah Pamsimas merupakan program pemerintah yang didukung oleh Bank Dunia. Program yang umumnya dilaksanakan di wilayah perdesaan dan pinggiran kota ini sudah berlangsung selama tiga periode. Periode Pamsimas I dari 2008-2012, Pamsimas II dari 2013-2015 dan Pamsimas III 2016-2020.

Pada akhir periode ketiga pelaksanaannya di tahun 2020, Bamboedoea Komunikasi dipercaya oleh Pamsimas untuk memproduksi delapan seri video tutorial yang meliputi:

  1. Teknologi Pengolahan Air Gambut (Kabupaten Barito Kuala);
  2. Pembangunan Sarana Jamban dan Tangki Septik (Kabupaten Hulu Sungai Utara);
  3. Teknologi Aerasi (Kabupaten Tuban);
  4. Pembangunan Fasilitas Umum Sarana Air Minum dan Sarana Sanitasi Sekolah yang Ramah Disabilitas (Kabupaten Sleman);
  5. Penentuan Lokasi dan Konstruksi Sumur Bor (Kabupaten Klaten);
  6. Pemilihan Pompa Sumur Bor (Kabupaten Klaten);
  7. Pengoperasian dan Pemeliharaan Sumur Bor (Kabupaten Klaten); dan
  8. Tata Cara Pemasangan Pipa Air Minum dalam Program Pamsimas (Kota Bekasi).
Proses produksi 8 video tutorial Pamsimas oleh tim kreatif Bamboedoea Komunikasi (1)

Proses produksi 8 video tutorial Pamsimas oleh tim kreatif Bamboedoea Komunikasi (2)

Pembuatan delapan video tutorial bertajuk “Media Peningkatan Kapasitas Pelaku Program Pamsimas III” dimaksudkan untuk memproduksi media belajar atau peningkatan kapasitas pelaku program agar pelaku program dapat melaksanakan penyelenggaraan program Pamsimas dengan baik demi tercapainya pembangunan sarana dan prasarana air minum berbasis masyarakat menuju 100% akses air minum aman dan sanitasi layak.

Sementara tujuan kegiatan ini adalah menyiapkan media belajar dalam bentuk video tutorial guna menunjang proses peningkatan kapasitas para pelaku program Pamsimas dan masyarakat, dan dapat juga digunakan oleh pihak atau derah lain yang akan mengadopsi platform Pamsimas.


Proses produksi 8 video tutorial Pamsimas oleh tim kreatif Bamboedoea Komunikasi (3)

Kegiatan produksi video tutorial Pamsimas berlangsung selama bulan November-Desember 2020. Dengan durasi yang sangat singkat, tim Bamboedoea Komunikasi harus mengatur jadwal yang ketat agar tahapan pekerjaan yang telah disusun sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Selain itu, untuk menghasilkan video tutorial yang berkualitas, tim produksi juga terlibat intensif dengan para Tenaga Ahli Pamsimas, baik yang dilakukan secara online maupun offline. Pada tahun 2021, rencananya video tutorial Pamsimas akan digandakan dan dibagikan kepada para pemangku kepentingan Pamsimas dan juga pengelola Pamsimas di daerah. Selain itu, juga akan ditayangkan pada platform media sosial Pamsimas.  

Penulis : Amir
Editor : Ira Anastasia

Kirim Pesan

Kirim masukan dan kritik anda

Alamat Kantor

Jl.Cakrawijaya II ,
Blok J Nomor 10,
Kavling Diskum Jakarta Timur

Kontak Kami

Telepon 021-859012743/44

Faximile 021-8560408

Alamat Email

bamboedoea@bamboedoea.com

www.bamboedoea.com